CONTOH RPP BERBASIS HOTS DENGAN PENERAPAN TPACK
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD
Tegalsari 6 Tegal |
||||
Mata Pelajaran |
PJOK |
|
Materi Pokok |
Lempar Tangkap |
Kelas/Semester |
5 / I |
Alokasi Waktu |
2 X 35 Menit |
|
3.1 Memahami
kombinasi gerak dasar non lokomotor, lokomotor dan manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang,usaha dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 4.1 Mempraktikan
kombinasi gerak dasar non lokomotor, lokomotor dan manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang,usaha dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. |
||||
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK) |
3.1.1 Memahami
teknik gerak dasar lempar tangkap bola mendatar. 3.1.2 Memahami
teknik gerak dasar lempar tangkap bola melambung. 3.1.3 Memahami
teknik gerak dasar lempar tangkap bola menyusur tanah. 4.1.1 Mempraktikan
teknik gerak dasar lempar tangkap bola mendatar. 4.1.2 Mempraktikan teknik gerak dasar lempar
tangkap bola melambung 4.1.3 Mempraktikan
teknik gerak dasar lempar tangkap bola menyusur tanah |
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
penerapan model pembelajaran Discovery Learning, peserta didik
diharapkan mampu:
1. Memahami teknik gerak dasar lempar tangkap bola mendatar.
2. Memahami teknik gerak dasar lempar tangkap bola melambung.
3.
Memahami
teknik gerak dasar lempar tangkap bola menyusur tanah.
4.
Mempraktikan
teknik gerak dasar lempar tangkap bola mendatar.
5.
Mempraktikan
teknik gerak dasar lempar tangkap bola melambung
6.
Mempraktikan
teknik gerak dasar lempar tangkap bola menyusur tanah
B. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 35 menit ) |
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Orientasi: -
Guru membuka pertemuan dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek
kehadiran Peserta didik. Motivasi: -
Guru meminta ketua kelas memimpin doa dengan khidmat
dan tertib. -
Peserta didik diingatkan
untuk selalu mengutamakan sikap
disiplin setiap saat Apersepsi: -
Mengaitkan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya -
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya -
Guru menjelaskan tujuan dan manfaat penguasaan KD
ini dengan sabar dan tekun. |
10 menit |
Kegiatan Inti (Model pembelajaran discovery learning) (Pendekatan
saintifik) 1) Stimulation Mengamati: Peserta didik tertarik memperhatikan penjelasan dan contoh materi lempar tangkap yang dipaparkan oleh guru dengan tekun dan saksama. 2) Problem Statement Menanya: Peserta didik termotivasi untuk bertanya mengenai
materi lempar tangkap dengan percaya diri memberikan jawaban atas pertanyaan
singkat yang diberikn guru 3) Data collection Mengumpulkan
informasi: Peserta didik mencari informasi
yang luas terkait dengan cara/langkah-langkah, alat yang dipergunakan untuk mempelajari
materi lempar tangkap selain dari bahan ajar yang sudah diberikan oleh guru,
bisa lewat chanel youtube lain, google, buku dll. Terkain
dengan materi lempar tangkap dan kemudian Mengasosiasi/mengolah: Peserta didik berdiskusi dengan anggota keluarga
terkait permasalahan yang muncul saat mempelajari materi lempar tagkap
kemudian mengambil kesimpulan. 4) Verification -
Peserta didik mempraktikan gerak dasar lempar
tangkap dengan melambungkan bola ke atas kemudian bola ditangkap kembal. -
Peserta didik mempraktikan gerak dasar lempar
tangkap dengan menggunakan 1 tangan secara bergantian kanan dan kiri -
Peserta didik
mempraktikan gerak dasar lempar tangkap ke tembok dengan jarak
pelempar dengan tembok 1 meter -1.5 meter -
Peserta didik mempraktikan bebagai macam gerak dasar
lempar tangkap berpasangan dengan anggota keluarga. 5) Generalization Mengomunikasikan: Peserta didik melaporkan hasil yang telah dipelajari
pada materi lempar tangkap dengan cara presentasi online maupun dengan cara
membuat video presentasi. |
50 menit |
Kegiatan Penutup Rangkuman dan Refleksi: ·
Peserta didik
bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah dilaksanakan
terkait ; -
Apa saja yang
telah dipahami Peserta didik? -
Apa yang belum
dipahami Peserta didik? -
Bagaimana
perasaan selama pembelajaran? ·
Siswa bersama
guru menyimpulkan hasil pembelajaran. ·
Siswa menyimak
penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya Tindak Lanjut: 1) masing-masing
peserta didik membuat video praktik berbagai macam gerak dasar lempad tangkap
dan membuat video presentasi tentang langkah-langkah gerak daras lempar
tangkap. 2) setiap peserta didik mengirimkan video hasil
pembelajaran secara pribadi ke WA guru PJOK 3) Ketua kelas memimpin doa kemudian dilanjutkan
dengan menjawab salam dengan penuh rasa syukur dan santun. |
10 menit |
C Penilaian
C. PENILAIAN
No |
Ranah Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk Penilaian |
1 |
Pengetahuan |
Tes tertulis |
Soal esai |
2 |
Keterampilan |
Unjuk kerja |
Video Praktik |
Mengetahui Tegal, Oktober 2020
Kepala SD Tegalsari 6 Guru PJOK
ORBAYANTO, S. Pd ADE HARDIYANTO, S. Pd
NIP.
19680203 198910 1 001 NIP
19870920
201502 1 001
Komentar
Posting Komentar